Tentunya sudah merupakan kewajiban bagi kita untuk selalu menjaga alat reproduksi agar tetap sehat, karena jika alat reproduksi sehat maka akan dapat berfungsi secara baik, namun sayangnya banyak dari kaum pria yang belum mengetahui bagaimana ciri-ciri yang sehat dan tidak sehat.

Alat reproduksi adalah kumpulan organ internal dan eksternal dimana pria maupun wanita bekerja sama untuk keperluan berkembang biak sehingga menghasilkan keturunan. Karena peran vital nya dalam kelangsungan hidup manusia sangat penting banyak para ilmuwan berpendapat bahwa sistem reproduksi adalah salah satu sistem terpenting di seluruh tubuh manusia.

Perlu Anda ketahui bahwa organ internal utama sistem reproduksi wanita meliputi Miss V dan rahim yang berfungsi sebagai wadah untuk cairan sperma dan ovarium yang menghasilkan sel telur, selain itu jika sel telur tidak dibuahi maka akan dieliminasi menjadi perdarahan menstruasi.

Selain itu struktur eksternal dari sistem reproduksi wanita meliputi klitoris, labia minora, labia majora dan kelenjar Bartholin, menurut Klinik Cleveland. Sedangkan sistem reproduksi pria terdiri dari tiga bagian utama yaitu: testis adalah tempat sperma diproduksi, dan uretra termasuk dalam sistem kemih dan reproduksi pada pria, menurut Merck Manuals.

 

Lalu, Ciri-Ciri Alat Reproduksi Pria yang Sehat Itu Seperti Apa?

 

Berbeda dengan sistem reproduksi wanita, sebagian besar alat reproduksi pria berada di luar tubuh, dan berikut dibawah ini adalah beberapa ciri-ciri yang bisa menandakan kesehatan sistem reproduksi pria diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Warna Mr P

Pada umumnya, warna Mr P yang sehat akan berwarna sama dengan rona kulit tubuh seseorang pria, akan tetapi pada beberapa pria warna Mr P dapat memiliki warna 1 sampai 2 tingkat lebih gelap dari warna rona kulit tubuh bahkan bisa lebih gelap dan lebih terang, lebih coklat atau berwarna kemerahan.

Mungkin pada beberapa pria dewasa sering memiliki bintik-bintik hitam pada Mr P, namun bagi beberapa pria hal ini merupakan hal normal dari kulit mereka, akan tetapi ada baiknya Anda segera konsultasikan ke dokter Anda jika timbul bercak atau noda yang baru muncul dan tidak kunjung menghilang di sekitar Mr P Anda.

  1. Ukuran Testis

Sebenarnya ukuran testis yang besar sebelah merupakan hal yang umum bagi seorang pria untuk memiliki testis ukuran yang sedikit berbeda dan biasanya testis kanan lebih besar dari testis kiri, namun bisa juga testis kiri lebih besar dibandingkan dengan testis kanan.

Sehingga pada intinya testis yang normal pada umumnya tidak akan berbeda jauh, sehingga misalkan testis Anda berbeda ukuran dengan sangat mencolok maka itu bisa berbahaya dan membutuhkan pertolongan medis.

Dan ada baiknya Anda melakukan tes sederhana dengan meraba testis sebelah kanan apakah teraba keras dan ukurannya semakin membesar dibandingkan dengan testis sebelah kiri atau sebaliknya?

Maka hal ini patut untuk dicurigai akan adanya tumor atau adanya cairan lain pada testis Anda sehingga ada baiknya segera hubungi dokter Anda.

  1. Bentuk Mr P

Ciri-ciri alat reproduksi pria yang sehat selanjutnya adalah dilihat dari bentuk Mr P, karena Mr P pria dengan bentuk yang luruh tanpa adanya bengkokan yang mencolok dianggap memiliki bentuk Mr P yang sempurna, namun pada beberapa pria dapat memiliki Mr P yang bengkok sebelah.

Ternyata Mr P yang mengalami bengkok merupakan Penyakit Peyronie adalah masalah pada Mr P yang disebabkan oleh adanya jaringan parut yang disebut plak yang terbentuk di dalam Mr P sehingga hal inilah yang membuat Mr P mengalami bengkok ke atas atau ke samping.

Namun, kebanyakan pria dengan penyakit Peyronie ini masih bisa melakukan hubungan badan, namun untuk beberapa orang akan merasakan kesulitan atau bahkan menyakitkan.

  1. Tingkat Volume Sperma dan Warna Sperma

Pada umumnya pria akan mengeluarkan cairan sperma setelah ejakulasi dan biasanya pria akan mengeluarkan sperma berwarna putih susu, kental dan abu-abu, namun meskipun begitu sebagian pria memiliki cairan sperma yang berwarna sedikit kekuningan.

Peru Anda waspadai adalah jika Anda memiliki cairan sperma yang telah berubah warna menjadi merah coklat karena bisa mengindikasikan adanya darah sedangkan warna kuning bisa mengindikasikan sakit kuning atau menjadi efek samping obat.

Selain itu Volume sperma untuk hasil normal harus lebih besar dari 2 milimeter, karena volume sperma yang rendah bisa mengindikasikan jumlah sperma yang rendah untuk membuahi sel telur. Volume sperma yang berlebih juga bisa berarti jumlah sperma keluar lebih encer.

Itulah tadi berbagai macam ciri-ciri alat reproduksi pria yang sehat, namun pada dasarnya bisa saja Mr P memiliki berbagai macam perbedaan dan untuk mengetahui sehat atau tidak sehat tidak terlihat dari bentuk fisiknya saja namun memerlukan pemeriksaan medis lebih lanjut, dan misalkan Anda mengalami beberapa gejala ketidaknormalan pada alat reproduksi maka bisa konsultasikan dengan mengklik tombol chat online diatas ini.