Pastinya Anda sudah tidak asing lagi bukan jika mendengar kata “Selaput dara”, namun pernahkah terpikirkan di benak Anda seperti apakah bentuknya. Jika Anda penasaran baca artikel ini sampai tuntas yah.

Selaput dara adalah sesuatu yang paling berharga yang dimiliki oleh seorang wanita yang belum menikah, sehingga banyak wanita yang akan menjaga keperawanannya sampai ia menikah.

Selaput dara (Hymen) merupakan selaput tipis yang mengelilingi pembukaan vagina dan dapat ditemui banyak berbagai bentuk. Selaput dara paling umum pada anak perempuan muda berbentuk seperti setengah bulan. Bentuk ini memungkinkan darah menstruasi mengalir keluar dari vagina seorang gadis.

A. Selaput dara Imperforata 

Selaput dara imperforata adalah membran tipis yang benar-benar meliputi pembukaan ke vagina sehingga darah menstruasi tidak dapat mengalir keluar dari vagina.

Hal ini biasanya menyebabkan darah untuk kembali ke dalam vagina yang sering berkembang menjadi sebuah massa perut atau nyeri punggung. Beberapa remaja juga mungkin memiliki rasa sakit dengan buang air besar dan kesulitan buang air.

Perawatan untuk selaput dara imperforata adalah operasi kecil untuk membuang jaringan ekstra himen dan membuat lubang vagina berukuran normal sehingga darah menstruasi dapat mengalir keluar dari vagina.

B. Selaput dara Microperforate

Selaput dara microperforate adalah membran tipis yang hampir benar-benar meliputi pembukaan ke vagina wanita muda dan darah haid biasanya dapat mengalir keluar dari vagina akan tapi pembukaannya sangat kecil.

Seorang remaja dengan selaput dara microperforate biasanya tidak akan dapat memasukkan tampon ke dalam vagina dan mungkin tidak menyadari bahwa ia memiliki bukaan sangat kecil.

Jika dia mampu menempatkan tampon ke dalam vagina, dia mungkin tidak dapat melepas tampon ketika menjadi penuh dengan darah

Perawatan untuk selaput dara microperforate ini adalah dengan operasi kecil untuk membuang jaringan ekstra himen sehingga akan membuat pembukaan ukuran normal untuk darah menstruasi mengalir keluar.


D. Selaput dara Annular

Selaput dara annular atau disebut selaput normal merupakan bentuk yang selaput dara yang sempurna. Disebut tipe annular karena bentuknya bulat penuh seperti cincin dan bentuk yang paling sering ditemukan pada wanita.

 

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai bentuk selaput dara pada wanita dan Anda dapat mengonsultasikan mengenai kondisi organ intim Anda di klinik kami, Klinik Utama Gracia karena Kami siap memberikan pelayanan dan solusi terbaik bagi Anda.