Tahukah Anda bahwa ternyata kutil kelamin lebih mudah mempengaruhi kaum wanita daripada kaum pria? Sehingga pertumbuhan kutil ini dapat menyebabkan rasa sakit, ketidaknyamanan, serta gatal-gatal di area kelamin.

Lalu, Apakah Kutil Kelamin Itu?
Kutil kelamin ataupun kutil Genitalis (condylomata acuminate) adalah salah satu jenis yang paling umum dari infeksi menular seksual (IMS) dan biasanya kutil ini muncul di berbagai macam tempat seperti pada area kelamin, dubur, selaput lendir rektum, leher rahim, maupun pada Miss V dan penyakit ini sangatlah menular. Namun meskipun menular akan tetapi penyakit ini dapat dicegah dan dapat diobati

Apakah Penyebab Kutil Genitalis?
- Ternyata penyakit ini disebabkan oleh kontak seksual dengan orang yang terinfeksi dengan human papillomavirus (HPV), virus ini biasanya jinak (non-kanker), tetapi banyak subtipe memiliki potensi untuk mengembangkan kanker ganas.

- Diketahui ada lebih dari 100 jenis HPV yang dapat menyebabkan kutil, tetapi hanya sejumlah kecil strain dapat menyebabkan kutil.

- Diperkirakan bahwa sampai 65 % orang yang memiliki hubungan seksual dengan orang yang memiliki kutil genitalis akan menjadi terinfeksi dan menularkan penyakit ini kepada orang lain.

Apa Sajakah Gejala-gejala Kutil Genitalis
Biasanya kutil tidak selalu terlihat dengan mata manusia, karena mungkin kutil ini memiliki ukuran sangat kecil dengan warna kulit atau sedikit lebih gelap, selain itu pertumbuhan kutil dapat menyerupai kembang kol dan mungkin akan terasa licin atau sedikit bergelombang ketika disentuh, selain itu seseorang yang terinfeksi mungkin memiliki sekelompok kutil, atau hanya satu kutil dan pada Pria kutil mungkin muncul di area berikut:

- Pada Mr P.
- Pada Kantung kemaluan.
- Pada paha.
- Di dalam atau di sekitar anus.

Sedangkan kutil Genitalis pada wanita dapat muncul di area berikut:



- Di dalam Miss V atau anus
- Di luar Miss V atau anus
- Di Mulut Rahim
- Kutil ini juga bisa muncul di area bibir, mulut, lidah, atau tenggorokan dari orang yang telah terinfeksi.

Bahkan jika Anda tidak dapat melihat kutil ini mereka mungkin masih menimbulkan gejala-gejala lainnya seperti:
- Timbulnya keputihan
- Timbul rasa gatal
- Kadang berdarah dan sensasi seperti terbakar

Siapa Saja yang Beresiko Tertular Kutil Genitalis?
Diketahui baik pada pria maupun pada wanita bisa saja tertular penyakit ini karena disebabkan oleh resiko termasuk:

- Seseorang yang berhubungan seks tanpa kondom.

- Seseorang yang berhubungan seks tanpa kondom dengan banyak orang yang berbeda atau banyak pasangan.

- Berhubungan seks dengan seseorang yang memiliki riwayat seksual yang tidak diketahui.

- Oral seks karena dapat meningkatkan risiko kutil yang bisa berkembang di mulut atau tenggorokan

- Seseorang yang mulai berhubungan seks pada usia muda



Komplikasi Apa yang Bisa Diakibatkan Oleh Kutil Genitalis?
Diketahui infeksi HPV sering dihubungkan dengan berbagai macam kanker, termasuk: kanker serviks, kanker vulva, anus, dan kanker Mr P, namun perlu Anda ketahui bahwa tidak semua infeksi ini dapat menyebabkan kanker serviks.

Selain itu pada seorang ibu hamil dan melahirkan ada risiko yang sangat kecil dapat menyebabkan bayi memiliki kutil di tenggorokan dan ternyata perubahan hormonal yang terjadi selama kehamilan dapat menyebabkan kutil tumbuh, berdarah, atau meningkat jumlahnya.

Bagaimana Cara Mengobati Kutil Kelamin?
Biasanya dokter hanya akan mengobati pasien yang memiliki kutil yang terlihat dan jenis pengobatan kutil tergantung pada:

- Lokasi kutil
- Berapa banyak kutil yang ada
- Seberapa besar kutil



Cara Mengobati Kutil Kelamin Dibawah Ini Dipercayai Efektif Dalam Menyingkirkan Kutil Diantaranya:

 

- Menggunakan obat tipikal krim atau cairan yang digunakan langsung ke kutil selama beberapa hari setiap minggu dan hal ini dapat diberikan di rumah atau di rumah sakit tergantung pada jenis pengobatan dan pengobatan mungkin berlanjut selama beberapa minggu.

- Cara mengobati kutil kelamin selanjutnya adalah dengan Cryotherapy yaitu pengobatan dengan cara membekukan kutil dengan nitrogen cair yang bertujuan untuk menghilangkan kutil.

- Electrocautery yaitu pengobatan dengan arus listrik yang digunakan untuk menghancurkan kutil, namun sebelumnya pasien harus diberikan bius lokal.

- Dengan cara operasi yaitu kutil akan dipotong dan akan memerlukan Anestesi lokal akan

- Dengan cara laser cahaya yang digunakan untuk menghancurkan kutil.




Itulah tadi berbagai macam cara mengobati kutil kelamin dan apabila cara yang telah kami jabarkan di atas belum memberikan hasil yang terbaik untuk mengobati kutil kelamin, maka ada baiknya segera konsultasikan kepada dokter atau Anda juga dapat memeriksakan kondisi tersebut kepada Kami di Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan perawatan yang terbaik.