Berbicara mengenai keperawanan pastinya tidak akan terlepas dari yang namanya selaput dara. Selaput dara merupakan sesuatu yang paling berharga yang dimiliki oleh seorang wanita sehingga banyak wanita yang akan selalu menjadi keperawanannya hingga ia menikah kelak.

Dan tentunya masalah keperawanan pastinya menjadi topik panas yang membuat Anda penasaran dan kali ini Kami akan membahas mengenai 4 bentuk selaput dara wanita. Diketahui sekitar 3 atau 4 bulan selama kehamilan selaput dara pada janin perempuan mulai terbentuk.

Selaput dara atau yang disebut Hymen merupakan selaput tipis yang mengelilingi pembukaan pada Ms V dan dapat ditemui dalam berbagai bentuk namun Selaput dara paling umum pada wanita akan berbentuk seperti setengah bulan.



4 Bentuk Selaput Dara Wanita yang Perlu Anda Ketahui




1. Selaput dara Annular
Selaput dara annular atau disebut selaput normal merupakan bentuk yang selaput dara yang sempurna. Disebut tipe annular karena bentuknya bulat penuh seperti cincin dan bentuk yang paling sering ditemukan pada wanita.

2. Selaput Dara Imperforata
Selaput dara imperforata merupakan membran tipis yang benar-benar meliputi pembukaan ke Ms V sehingga darah menstruasi tidak dapat mengalir keluar dari Ms V.
Biasanya hal ini akan menyebabkan darah untuk kembali ke dalam Ms V dan mengakibatkan sakit perut atau nyeri punggung, bahkan pada beberapa remaja juga mungkin mengalami rasa sakit saat buang air besar dan kesulitan untuk buang air kecil.

Tips untuk mengatasi bentuk selaput dara imperforata adalah dengan cara operasi kecil untuk membuang jaringan ekstra hymen dan membuat lubang Ms berukuran normal sehingga darah menstruasi dapat mengalir keluar dari Ms V.

3. Selaput Dara Microperforate
Selaput dara microperforate merupakan membran tipis yang hampir benar-benar meliputi pembukaan ke Ms V wanita muda dan darah haid biasanya dapat mengalir keluar dari Ms V akan tetapi pembukaannya sangat kecil.

Bahkan seorang remaja dengan bentuk selaput dara wanita microperforate biasanya tidak akan dapat memasukkan tampon ke dalam Ms V dan mungkin tidak menyadari bahwa ia memiliki bukaan sangat kecil.

Jika dia mampu menempatkan tampon ke dalam vagina, dia mungkin tidak dapat melepas tampon ketika menjadi penuh dengan darah
Tips untuk mengatasi selaput dara microperforate ini adalah dengan operasi kecil untuk membuang jaringan ekstra hymen sehingga akan membuat pembukaan ukuran normal untuk darah menstruasi mengalir keluar.

4. Selaput dara Septate
Selaput dara septate merupakan membran hymen tipis yang memiliki pita dari jaringan ekstra di tengah yang menyebabkan terdapat dua lubang Ms V kecil dan normalnya adalah satu. Biasanya seorang wanita dengan selaput dara septate mungkin akan mengalami kesulitan ketika akan mengeluarkan maupun memasang tampon.

Tips: untuk mengatasi selaput dara septate adalah dengan operasi kecil menghilangkan pita dari jaringan ekstra dan membuat lubang Ms V agar berukuran normal.

Bagaimana Cara Untuk Memperbaiki Selaput Dara Wanita yang Rusak?

Salah satu dari sekian banyaknya solusi untuk memperbaiki selaput dara yang rusak adalah dengan cara operasi, karena hal ini dapat dilakukan karena beberapa alasan baik untuk memperbaiki selaput dara rusak atau menghapus jaringan selaput dara tambahan yang menghalangi lubang Ms V. Berikut adalah berbagai jenis operasi:

A. Operasi Hymenoplasty
Operasi Hymenoplasty ini pada dasarnya merupakan sebuah operasi yang dilakukan untuk memperbaiki Hymen yang rusak karena alasan pribadi. Biasanya para pasien wanita melakukan hal ini karena sudah hilang keperawanannya karena hubungan badan.

Dan beberapa orang mungkin memilih untuk melakukan operasi ini karena alasan pribadi atau karena kebutuhan karena keyakinan spiritual. Hal ini juga dapat dilakukan setelah kasus pemerkosaan untuk mengembalikan keperawanan.

B. Operasi Hymenectomy
Operasi Hymenectomy adalah prosedur bedah yang digunakan untuk membuka selaput dara yang imperforata, Microperforate atau septate.
Dan biasanya selaput dara anatomi yang benar dapat ditarik dan rusak selama hubungan seksual pertama atau penggunaan tampon tanpa terlalu banyak trauma.



Namun ada sebuah kekhawatiran bahwa ada arteri yang berjalan di sepanjang sisi selaput dara yang dapat menyebabkan pendarahan besar akan tetapi jika Anda memilih operasi Hymenectomy Anda dapat menurunkan risiko perdarahan dan memungkinkan cairan untuk meninggalkan Ms V.

Itulah tadi berbagai macam pembahasan mengenai  4 bentuk selaput dara wanita, dan jika misalkan Anda mengalami hal tersebut maka Anda bisa berkonsultasi dengan mengklik tombol chat online, atau bisa datang langsung kepada Kami di Klinik Utama Gracia.